- Home »
- Tugas Tek Pend »
- Definisi Pendidikan, Kurikulum dan Pembelajaran menurut para ahli
Liandy "L" Tobing
On Selasa, 24 September 2013
Definisi Pendidikan, Kurikulum dan Pembelajaran menurut para ahli
A.
Definisi Pendidikan menurut para ahli
1.
John Dewey
Pendidikan merupakan suatu proses pembentukan kecakapan mendasar secara intelektual dan emosional sesama manusia.
Pendidikan merupakan suatu proses pembentukan kecakapan mendasar secara intelektual dan emosional sesama manusia.
2. J.J.
Rouseau
Pendidikan merupakan pemberian bekal kepada kita apa yang tidak kita butuhkan pada masa kanak-kanak, akan tetapi kita butuhkan pada saat dewasa.
Pendidikan merupakan pemberian bekal kepada kita apa yang tidak kita butuhkan pada masa kanak-kanak, akan tetapi kita butuhkan pada saat dewasa.
3.
Langeveld
Pendidikan merupakan setiap usaha yang dilakukan untuk mempengaruhi dan membimbing anak ke arah kedewasaan, agar anak cekatan melaksanakan tugas hidupnya sendiri.
Pendidikan merupakan setiap usaha yang dilakukan untuk mempengaruhi dan membimbing anak ke arah kedewasaan, agar anak cekatan melaksanakan tugas hidupnya sendiri.
4.
Brubacher
Pendidikan merupakan proses timbal balik dari tiap individu manusia dalam rangka penyesuaian dirinya dengan alam, dengan teman dan dengan alam semesta.
Pendidikan merupakan proses timbal balik dari tiap individu manusia dalam rangka penyesuaian dirinya dengan alam, dengan teman dan dengan alam semesta.
5.
Ki Hajar Dewantara
Pendidikan menuntun segala kodrat yang terdapat dalam diri anak sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat agar dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.
Pendidikan menuntun segala kodrat yang terdapat dalam diri anak sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat agar dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.
6.
Zahara Idris
Pendidikan merupakan serangkaian interaksi yang bertujuan antara manusia dewasa dengan anak didik secara tatap muka atau dengan menggunakan media dalam rangka memberikan bantuan perkembangan potensi anak secara maksimal agar menajdi manusia dewasa.
Pendidikan merupakan serangkaian interaksi yang bertujuan antara manusia dewasa dengan anak didik secara tatap muka atau dengan menggunakan media dalam rangka memberikan bantuan perkembangan potensi anak secara maksimal agar menajdi manusia dewasa.
7.
Ahmad D. Marimba Pendidikan
merupakan pemberian bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh pendidik terahdap
perkembangan jasmani dan rohani peserta didik menuju terbentuknya kepribadian
yang utama.
B.
Definisi Kurikulum menurut para ahli
1.
Menurut B. Alberty (1965)
Kurikulum merupakan semua kegiatan
yang diberikan kepada siswa di bawah tanggung jawab sekolah (all of the
activities that are provided for the students by the school).
2. Menurut
Saylor, Alexander dan Lewis (1974)
Kurikulum sebagai segala upaya
sekolah untuk mempengaruhi siswa supaya belajar, baik dalam ruangan kelas, di
halaman sekolah maupun di luar sekolah.
3. Menurut
Henry C. Morrison (1940)
Kurikulum merupakan Isi instruksi tanpa mengacu pada cara pembelajaran atau sarana.
4. Menurrut
Franklin Bobbit (1924)
Kurikulum merupakan bahwa serangkaian hal-hal
yang anak-anak dan remaja harus melakukan dan pengalaman dengan cara mengembangkan kemampuan untuk melakukan
hal-hal baik yang membuat urusan kehidupan dewasa dan menjadi segala
hormat apa yang dewasa seharusnya.
5. Menurut
Schiro (1978)
Kurikulum sebagai proses
pengembangan peserta didik yang diharapkan terjadi dan digunakan dalam
perencanaan.
6. Menurut
Robert Gagne (1967)
Kurikulum adalah suatu rangkaian
unit materi belajar yang disususn sedemikian rupa sehingga anak didik dapat
mempelajarinya berdasarkan kemampuan awal yang dimiliki atau dikuasai
sebelumnya.
7. Menurut
Saylor (1956)
Kurikulum merupakan usaha maksimal
dari sekolah unutk mencapai hasil yang diinginkan di dalam sekolah atau di luar
sekolah.
8. Menurut
S Hamid Hasan (1988)
Kurikulum memiliki empat dimensi
pengertian yaitu kurikulum sebagai ide/gagasan, kurikulum sebagai suatu rencana
tertulis, kurikulum sebagai suatau realita/ implementasi kurikulum, dan
kurikulum sebagai suatu hasil.
C.
Definisi Pengajaran menurut para ahli
1.
Kamarudin (1993)
Pengajaran adalah suatu proses
penanganan urusan untuk memungkinkan siswa mengetahui atau menyelesaikan
sesuatu yang mereka tidak dapat lakukan sendiri sebelum itu.
2. Mahani
Razali
Pengajaran adalah aktivitas -
aktivitas yang bertujuan dan memiliki tujuan dimana guru berbagi informasi
dengan mahasiswa untuk memungkinkan mereka menyelesaikan sesuatu tugas yang
tidak bisa diselesaikan sendiri sebelum itu.
3. William
Barclay
Pengajaran adalah penjelajahan
bersama dari dunia - dunia akal budi.
4. Susan
B. Bastable (1997)
Pengajaran merupakan intervensi
yang disengaja yang mencakup perencanaan dan penerapan aktivitas dan pengalaman
instruksional untuk memenuhi hasil yang ditujukan bagi peserta didik seperti
dalam rencana pengajaran.
5. Sulaiman
Masri, Mashudi Bahari, Juliliyana Mohd Junid (2007)
Pengajaran merupakan proses
kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai unsur termasuk kualitas pengajaran,
kecerdasan, bakat dan minat siswa serta pengaruh motivasi, lingkungan sekolah,
rumah dan dorongan orang tua terhadap siswa.
6. Lydia
Harlina Martono, Satya Joewana (2006)
Pengajaran merupakan salah satu
aspek dari pendidikan, yaitu aspek pengetahuan (kognitif). Pengajaran
memberikan ketrampilan dan pengetahuan, sedangkan pendidikan membimbing anak ke
arah kehirupan yang baik dan benar.
7. Lukman
Tambunan (2010)
pengajaran adalah proses yang
membebaskan. Namun. hal itu terjadi apabila seorang guru dapat membawa kita
pada sumber kehidupan kita, dengan menunjukkan siapakah kita, dan juga apa yang
harus kita lakukan.
Dari pengertian-pengertian Pendidikan, Kurikulum, dan
Pembelajaran menurut para ahli diperoleh Kesimpulan sebagai berikut :
1.
Pendidikan adalah sebuah cara atau usaha yang
terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran dengan
tujuan untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada pada diri manusia.
2.
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan
pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan
sebagai penyelenggara pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu.
3.
Pembelajaran adalah suatu proses interaksi
antara pendidik dengan peserta didik atau proses belajar dan mengajar dengan
tujuan terjadinya perubahan tingkah laku.
Dari uraian diatas dapat dianalisis terdapat hubungan antara
ketiganya. Hubungan antara Pendidikan,
Kurikulum dan pembelajaran yaitu Pendidikan sebagai bagian terbesar yang
merupakan tempat bertumpunya Kurikulum dan Pembelajaran. Kurikulum merupakan
seperangkat pengaturan yang digunakan dalam proses pembelajaran dan merupakan
bagian dari pendidikan. Pembelajaran merupakan Inti dari suatu kegiatan
pendidikan dimana dalam pembelajaran ini dilakukan proses-proses Pendidikan
dari pendidik kepada yang terdidik. Pendidikan, Kurikulum maupun pembelajaran
ketiganya mempunyai 1 tujuan yang sama
yaitu untuk menjadikan manusia sebagai manusia yang seutuhnya.
Untuk penggambarannya Ibarat sebuah Bagunan Rumah,
Pendidikan sebagai Rumahnya atau bagian luar pelindung bagian dalam, Fasilitas-fasilitas
yang ada di dalam merupakan kurikulum dan orang yang ada di dalamnya sebagai
pembelajaran yang melakukan proses.
DAFTAR RUJUKAN
Azizah, Nuraini. Pendidikan
Kurikulum dan Pengajaran. Online http://technurlogy.wordpress.com/2010/04/03/pendidikan-kurikulum-dan-pengajaran/)
diakses tanggal 19 September 2013
Annisa. definisi
kurikulum menurut para ahli. Online (http://anieszaps-love.blogspot.com/2012/10/definisi-kurikulum-menurut-para-ahli.html)
diakses tanggal 19 September 2013
Carapedia.com. Pengertian
dan Definisi Pengajaran. Online (http://carapedia.com/pengertian_definisi_pengajaran_info2347.html)
diakses tanggal 19 September 2013