- Home »
- Tugas Tek Pend »
- Resume Teori Kognitif Gestalt
Liandy "L" Tobing
On Rabu, 13 November 2013
Konsep DasarA. Definisi Teori Gestalt
Arti Gestalt ternyata ada banyak macamnya, yaitu form, shape dalam bahasa inggris atau bentuk, hal, peristiwa, hakikat, esensi. Berlaku untuk semua aspek pembelajaran manusia, meskipun berlaku paling langsung terhadap persepsi dan pemecahan masalah.
B. Sejarah Munculnya Teori Gestalt
Teori ini dibangun oleh tiga orang, Max Wertheimer, Kurt Koffka, dan Wolfgang Kohler.Mereka menyimpulkan bahwa seseorang cenderung mempersepsikan apa yang terlihat dari lingkungannya sebagai kesatuan yang utuh.
B. Sejarah Munculnya Teori Gestalt
Teori ini dibangun oleh tiga orang, Max Wertheimer, Kurt Koffka, dan Wolfgang Kohler.Mereka menyimpulkan bahwa seseorang cenderung mempersepsikan apa yang terlihat dari lingkungannya sebagai kesatuan yang utuh.
- Max Wertheimer (1880 - 1943)
Max melakukan penelitian tentang pengamatan dan pemecahan masalah atau yang biasa di sebut dengan Problem Solving. - Kurt Koffka (1886 - 1941)
Kurt menguraikan secara terperinci tentang hukum - hukum pengamatan. - Wolfgang Kohler (1887 - 1959)
Wolfgang melakukan penelitian menggunakan simpanse sebagai objek percobaan tentang Insight
C. Hukum Dalam Teori Gestalt
Teori belajar Gestalt melakukan penelitian tentang pengamatan dan problem solving. Dari pengamatan inilah didapatkan hasil pemikiran bahwa penggunaan metode menghafal disekolah dan menghendaki agar murid belajar dengan pengertian bukan hafalan akademis ternyata tidak baik. Hukum - hukum Gestalt dalam pengamatan adalah sebagai berikut.
- Hukum Pragnanz
- Hukum Kesamaan
- Hukum Kecenderungan
- Hukum Ketertutupan
- HukumKontinuitas
Dalam prsikologi Gestalt, suatu konsep yang terpenting adalah Insight. Insight merupakan pengamatan/pemahaman mendadak terhadap hubungan - hubungan antar bagian didalam suatu situasi permasalahan. Insight itu sendiri sering dihubungkan dengan pernyataan spontan seperti "oh" atau "benarkah?"
Karakteristik
- Mempunyai hukum keterdekatan, hukum ketertutupan dan hukum kesamaan.
- Proses pembelajaran secara terus - menerus dapat memperkuat jejak ingatan peserta didik.
- Adanya pemahaman belajar Insight.
Insight bisa timbul tergantung pada beberapa hal berikut ini.
- Kesanggupan
- Pengalaman
- Taraf kompleksitas dari suatu situasi
- Latihan
- Trial and Error
Teori Gestalt terus dikembangkan hingga akhirnya di implementasikan dalam pembelajaran, contohnya :
- Pengalaman tilikan (Insight)
- Pembelajaran yang bermakna (meaningful learning)
- Perilaku bertujuan (Purposive behavior)
- Prinsip ruang hidup (Life space)
- Transfer dalam belajar
Walaupun demikian, teori ini tetap memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihannya sebagai yaitu, siswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam memecahkan masalah atau Problem solving". Dan juga dapat meningkatkan motivasi dalam belajar. Sedangkan kekurangannya yaitu, keberhasilan dalam sebuah pembelajaran tidak dapat diukur hanya dengan satu siswa saja, melainkan semua siswa pun perlu diperhatikan. Konsekuensinya terhadap lingkungan adalah fasilitas - fasilitas dalam lingkungan pun harus diperhatikan.dan juga mendukung.